Sistem Online Lelang Proyek di OB

        Batam, BNK- Untuk mempermudah pelayanan masyarakat, supaya tidak bolak-balik masuk ke kantor OB mencari informasi kapan OB mulai membuka pendaftaran baru, mencari tahu spesifikasi tender yang akan di leleng serta mencegah terjadinya persengkongkolan memenangkan tender, maka pihak OB memutuskan untuk menerapkan pendaftaran tender proyek melalui website atau internet di www.batam.go.id. “ ujar ir.Rusliden Hutagaol, sebagai Kabiro Humas dan Publikasi OB

            Sistem online ini sebenarnya di dukung oleh masyarakat. Akan tetapi sistem online yang di terapkan ini bukan mempermudah para kontraktor atau pengusaha untuk melakukan pelelangan, malah sebaliknya justru sistem ini mempersulit kontraktor dan pengusaha.

            Penerapan sistem ini, dinilai tidak efesien. Dimana program sistem online yang telah diterapkan OB ini tidak mengacu kesistem pelelangan dan aturan yang ada di Undang-Undang jasa Konstruksi, Kepres dan Perlem 11 dan 12.

            Ir Rusliden Hutagaol memaparkan ke salah satu media bahwa :’ program ini bisa menghindari terjadinya KKN proyek lelang antara kontraktor dan panitia tender Proyek karena dengan adanya sistem ini dapat mengurangi tatap muka kontraktor dan panitia lelang. Apakah itu benar….???

            Program sistem online ini, bukan mengurangi korupsi malah dengan adanya program ini korupsi semakin meningkat, karena panitia bisa mengindar ketika terjadi kecurangan pelelangan. Panitia bisa memberi alasan, bagaimana mungkin terjadi KKN sementara pendaftaran di buka di internet….??? Namanya korupsi tetap korupsi, kalau teknologi canggih, pasti panitiapun mampu mengimbanginya tanpa pelatihan.

            ‘termasuk cara panitia mencari celah-celah dan kelemahan-kelemahan yang sebenarnya tidak ada aturannya. Yang menjadi substansi pelelangan ini adalah uang pelicin kepada panitia. Apabila uang pelicin besar maka dia yang menang, tetapi jika uang pelicin sedikit maka kesalahan sekecil apapun akan dicari-cari.

            Dalam hal ini sudah sepantasnya “OB’  segera di bubarkan agar tidak menyuburkan angka korupsi yang berkepanjangan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: