Go Green … !!! Oleh: Luky Putri/Kelas XI SMAGIA

Puanaaaasssssssssss….!!!

Huuh…. nyadar gak sich kalo cuaca sekarang ini panas buangeeett?! Sadar gak kalo panasnya mentari pagi itu sama aja dengan panasnya mentari disiang bolong??!!

            Puanaaaaassssss sekaaaallliiiiiiii……!!!!! Udah kayak tinggal di padang gurun aja!

            Hehehehehehehehe…. ^_^

 

Parahnya Batam bukan hanya makin panas, tapi Batam juga makin kering, gersang, dan banyak polusinya! Lengkap dech penderitaan!!! Tinggal nunggu terjangkit virus TBC aja! Hahahahaha…..^_^

 

Sebenernya apa sich yang membuat cuaca makin hari makin panas????

            “Global warming! Secara pemanasan global emang lagi berkembang pesat akhir-akhir ini” ujar Faldo siswa SMA Global Indo-Asia. “Yupz…! Walaupun sekarang emang lagi musim kemarau tapi musim kemarau tahun ini terasa lebih panas dari musim kemarau dua tahun lalu. Dan ini semua karena Global Warming! Bikin sebel aja!” sambung……….

            Wow… ternyata dua kata itu (Global Warming) mempunyai sejuta makna buruk yah! By the way, apa sih Global Warming???

      Global Warming atau dalam istilah Bahasa Indonesianya disebut dengan Pemanasan Global adalah proses dimana keadaan suhu bumi baik didarat, laut dan udara mengalami peningkatan atau kenaikan, akibatnya suhu bumi semakin panas. Salah satu faktor penunjang terjadinya Pemanasan Global adalah efek buruk dari gas rumah kaca. Awalnya, matahari memancarkan sumber energi untuk segala keperluan makhluk hidup di Bumi. Ketika energi ini mengenai permukaan Bumi, energi itu akan berubah dari energi cahaya menjadi energi yang manghangatkan Bumi. Sebagian energi ini diserap sebagai sumber energi untuk segala aktivitas di Bumi dan sebagian lagi dipantulkan kembali ke angkasa luar. Namun sebagian panas terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain; uap air, karbondioksida, dan metana. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali sisa energi yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut tersimpan di permukaan Bumi. Sehingga makin lama, makin banyak energi yang terserap didalam Bumi. Dan hal inilah membuat suhu dalam Bumi makin lama makin panas.

            Hooaaaa…… bisa-bisa 30 tahun mendatang gak ada lagi manusia yang bertahan hidup saking panasnya suhu didalam Bumi. Gawat nihh….. apa ya yang bisa kita lakukan untuk mencegah keadaan bahaya yang mengancam Bumi kita tercinta??

            Salah satu cara untuk menanggulagi keadaan ini adalah dengan cara mengurangi jumlah karbon dioksida di udara, yaitu dengan melakukan penanaman pohon atau biasa disebut dengan penghijauan..

            Ibu negara (Ibu Ani Yudoyono) tahun lalu mencetuskan sebuah ide cemerlang untuk menyelamatkan Bumi dari bahaya Pemanasan Global yang lebih lanjut dengan melakukan penghijauan atau reboisasi. Ide cemerlang ini dibentuk dalam suatu program yang disebut Program Menanam Sejuta Pohon.

Tentu saja program ini tidak akan terlaksana tanpa partisipasi dari seluruh kalangan masyarakat termasuk kita para pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Maka atas dasar itu, Para Guru dan Pengurus OSIS SMA Global Indo-Asia mengadakan sebuah kegiatan serupa untuk menyukseskan program Ibu Negara. Program yang dinamai ‘Go Green’. Program ini diadakan hari Sabtu (12/4) lalu yang  bertempat di sebelah SPBU Sungai Ladi.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk menyukseskan Program Nasional yang telah dicanangkan oleh Ibu Negara tentang ‘Penanaman Sejuta Pohon’ seiring dengan merebaknya isu tentang ‘Global Warming’ kegiatan ini kami lakukan juga untuk mengurangi efek ‘Global Warming’ yang sudah mulai terasa akhir-akhir ini” jelas Bu Nensy yang merupakan Pembina OSIS dan juga salah satu pencetus ide akan kegiatan ini.” Ini merupakan perwujudan kepedulian kami untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas”, tambahnya.

“Ya. Kami merasa harus melakukan sesuatu untuk mencegah bertambahnya bahaya dari efek Pemanasan Global terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya yang ada dimuka bumi. Maka dari itu kami merancang kegiatan ini guna mengurangi bahaya-bahaya yang akan timbul tersebut” sambung Kevie selaku Ketua Panitia.

Soal kepedulian, ternyata pelajar sekarang ini peduli juga yah akan masalah kelestarian lingkungan!

Mau tahu kenapa?? Karena siswa-siswi Sekolah Global Indo-Asia yang turut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan tersebut meskipun sebenarnya hari itu merupakan hari libur. Mulai dari anak SD, SMP bahkan anak SMA yang akan melaksanakan UAN juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“…………..”(kak ayu)

 

“That’s right! Selain bisa mengurangi polusi, dengan adanya kegiatan ini saya bisa belajar bagaimana cara menanam pohon yang baik. Secara ini pertama kalinya saya menanam pohon!” ujar Faldo tersenyum bangga “Yah walaupun ini pertama kalinya buat saya, tapi saya berhasil menanam paling tidak empat pohon. Emang sih sedikit, yah meskipun jumlah pohon yang saya tanam itu sedikit tapi pasti nantinya pohon yang saya tanam itu bisa membantu mengurangi polusi untuk beberapa tahun mendatang”

Eitssss….  ternnyata bukan hanya para siswa saja lho yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena pada saat itu Bapak Azwan merupakan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan juga turut menghadiri dan membantu proses penanaman pohon tersebut dengan membawa beberapa orang staffnya.

“Saya senang bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini karena dengan adanya kegiatan seperti ini berarti pelajar zaman sekarang sudah mulai peduli pada masalah lingkungan terutama masalah kelestarian lingkungan” ujar beliau “Dan karena Sekolah Global Indo-Asia telah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah terbersih se-Batam, maka tidak ada salahnya kalau adik-adik juga memerhatikan kelestarian lingkungan di luar lingkungan sekolah seperti ditempat ini”

Waaahhhh…. salut deh sama kalian! Udah dapet penghargaan sebagai sekolah terbersih, kalian juga dapat sanjungan dari Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan karena sudah berinisiatif untuk melestarikan lingkungan selain lingkungan sekolah.

Ckckckck… dua jempol deh buat kerja kerasnya mencangkul dan berpanas-panas ria untuk menanam pohon. Semoga banyak pelajar lain yang terinspirasi untuk melakukan hal yang serupa.

 “Ya. Saya memang berharap semoga siswa-siswi dari sekolah lain dan juga masyarakat luas bisa ikut serta dalam kegiatan peduli lingkungan seperti yang kami lakukan saat ini. Bagi siswa Global ini bukan yang pertama dan berharap bukan yang terakhir pula”, ujar Bu Nensy. “Sebelumnya kami pernah melakukan penanaman  partai kecil dalam kegiatan ‘field trip’”, tambahnya.  

 “Kalau perlu kegiatan seperti ini harus lebih dikembangkan, supaya lingkungan tempat kita tinggal tetap hijau dan bebas polusi. Menurut saya ini salah satu kegiatan yang perlu ditanamkan sejak dini, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau kita memulainya dari sekarang. Kan lebih baik telat daripada tidak sama sekali” jelas Kevie “Bener banget, walaupun terlambat semoga saja dengan adanya kegiatan seperti ini. Pelajar lain bisa melakukan hal sama seperti yang kami lakukan. Bahkan kalau bisa mereka harus melakukan yang lebih baik dari yang telah kami lakukan” tambah Suhanti yang juga merupakan Panitia kegiatan ini.

Oke deh…. moga harapannya terkabul yah!

Nah, buat kamu yang merasa menjadi bagian dari masyarakat Batam. Jangan ngaku masyarakat Batam deh kalo kamu gak mau peduli akan masalah lingkungan yang sedang kita alami akhir-akhir ini!

So guys, kenapa kamu gak memulai kegiatan serupa dirumahmu atau di lingkungan tempat tinggalmu???

Karena kalau lingkungan tempat tinggal mu sudah bersih, otomatis masyarakat lain akan melakukan hal serupa. Dan semakin banyak masyarakat yang peduli akan kelestarian lingkungan, maka masalah Pemanasan Global ataupun banyaknya polusi yang terjadi dapat kita atasi bersama.

Kalau bukan kita, siapa lagi???? Kalau bukan sekarang, kapan lagi????????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: